Cara Menghitung Nisab Zakat Penghasilan yang Benar

Rumahinfaq.or.id – Mengeluarkan Zakat wajib hukumnya bagi umat Islam yang pendapatannya sudah mencapai nisab Zakat penghasilan. Yang wajib mengeluarkan zakat bukan hanya umat Islam yang memiliki pekerjaan tetap, tetapi juga mereka yang berpenghasilan tidak tetap.

Sayangnya, sebagian masyarakat masih belum mengetahui cara menghitung kadar nisab dan zakat, dalam hal ini cara menghitung nisab Zakat penghasilan yang benar sesuai syariat.

Cara Menghitung Nisab Zakat Penghasilan
Cara Menghitung Nisab Zakat Penghasilan

Padahal, mereka wajib hukumnya untuk mendatangkan Zakat dari hasil usahanya jika susah memenuhi nisab Zakat penghasilan. Ingatlah bahwa setiap orang harus membayar zakat pendapatan berdasarkan jumlah pendapatan yang mereka peroleh selama setahun.

Lalu berapa Nisab Zakat Penghasilan dan bagaimana cara menghitungnya? Temukan informasi lebih lanjut di artikel ini.

Apa itu Zakat Penghasilan?

Mengutip Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) no. 3 Tahun 2003, segala bentuk Penghasilan Jika halal, zakat harus diberikan jika mencapai nisab dalam waktu satu tahun.
Berikut adalah nisab Zakat penghasilan dan cara penghitungannya yang benar menurut hukum Islam.
Zakat penghasilan atau zakat Profesi Ini adalah salah satu kekayaan yang harus dibelanjakan seorang Muslim setiap bulan.

Orang yang penghasilannya mencapai nisab 85 gram emas per tahun wajib mengeluarkan zakat penghasilan.

Di dalam ketetapan BAZNAS tahun 2021 tentang nisab Zakat penghasilan dan Pelayanan nisab Zakat penghasilan Tahun 2021 adalah 85 gram emas.

Lalu, Siapa yang harus menerima zakat penghasilan? Zakat jenis ini dapat diberikan kepada fakir miskin, Muallaf, Ghorim, Ibnu Sabil, Fi Sabilillah, Amil Zakat.

Baca juga: Penjelasan Paling Lengkap Tentang Gharim dan Kriteria Siapa Gharim Dalam Golongan Ashnaf?

Cara Menghitung Nisab Zakat Penghasilan

Merujuk pada Buku Pegangan Zakat oleh Widiastati dkk (2019) Cara menghitung pendapatan zakat adalah dengan mengalikan 2,5% dari pendapatan selama satu bulan atau satu tahun.

Karena indeks zakat pendapatan menggunakan emas, Anda harus mengetahui kurs emas terlebih dahulu.

Misalnya harga emas Rp. 927.000 per gram, maka pada tahun tersebut Nishabnya adalah Rp. 78.795.000.

Jika pendapatan Pak Roni adalah Rp. 8 juta per bulan atau Rp. 96 juta setahun, lalu berapa penghasilan Pak Roni yang harus dikeluarkan zakatnya? Lihat konter di bawah ini untuk mengetahuinya:

2,5 persen x Rp8 juta = Rp200.000 per bulan.

2,5 persen x Rp 96 juta = Rp 2,4 juta per tahun.

Inilah nisab zakat pendapatan dan tata cara penghitungannya. Waktu rilis zakat mal yang benar bisa dipungut selama setahun saat menerima gaji atau sesuai nisab.

Zakat Pendapatan

Zakat pendapatan berasal dari konsep Zakat. Al-Mal Al-Mustafa (Zakat Harta yang Diperoleh). Konsep Al-Mal Al-Mustafa Harta yang diperoleh sebagai hasil usaha dimaksudkan untuk membebankan zakat tanpa proses pertukaran (jual beli).

Fuqaha wajib mengeluarkan zakat atas penghasilan dan gaji. Hal ini dikarenakan pendapatan merupakan aset yang berkembang yang dapat mendatangkan keuntungan yang sangat besar, terutama bagi seseorang pada level profesional atau pada level yang lebih tinggi dalam suatu organisasi.

Ini juga merupakan salah satu kegiatan ekonomi utama selama periode ini, dan terlebih lagi, profesi pekerja bergaji telah menjadi umum dalam kehidupan saat ini.

Apa itu Zakat Penghasilan?

Kewajiban zakat atas penghasilan didasarkan pada beberapa Firman Allah S.W. T dalam Al-Qur’an (yang artinya):

Wahai orang-orang yang beriman! Hibahlah sebagian dari kebaikanmu dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu (di jalan Allah).[Al-Baqarah (2): 267]

Dalam sebuah hadits (yaitu) Saeed bin Abi Burdah melaporkan dari ayahnya dan ayahnya dari Nabi (SAW):

Sedekah ditekankan pada setiap Muslim dan kemudian para sahabat bertanya: Wahai Nabi Allah, apa yang bisa kamu katakan tentang apa yang tidak kamu dapatkan? Kemudian dia bersedekah (HR Bukhari & Muslim).

Al-Athar para sahabat adalah bukti kewajiban zakat penghasilan. Atas wewenang Abu Ubayd atas wewenang Hubairah Ibn Yarim (ini artinya):

“Abdullah Ibn Mas’ud memberi kami sekeranjang penuh barang-barang berharga, beberapa di antaranya diambil untuk Zakat.”

Fatwa daerah federal tentang zakat gaji

Fatwa di bawah pasal 34
Sebagaimana dinyatakan dalam sub-bagian 34 (1) dari Undang-Undang Fiqih Islam 1993, fatwa yang ditentukan dalam skema tersebut dikeluarkan oleh Mufti kepada negara-negara federal. [Akta 505] Setelah berdiskusi dengan Otoritas Negosiasi Hukum Syracuse dan didistribusikan oleh subdivisi.

Fatwa nasional tentang gaji dan penghasilan profesi tentang zakat
Di tahun Biro Khusus Fatwa Muzakarah Kas Dewan Nasional Urusan Agama Islam Malaysia, yang bertemu pada 22 Juni 1997, membahas Zakat Gaji dan Penghasilan Profesi.

Penghasilan Nizab dan Haul Zakat

Nisab pendapatan zakat didasarkan pada 85 gram emas. Tarif pembayaran Zakat Pendapatan adalah 2,5% dari pendapatan kotor atau pendapatan bersih.

Para ulama pada masa itu tidak menjadikan penarikan sebagai syarat wajib zakat penghasilan. Menurut dr. Yusuf Al-Qaradhawi tidak mewajibkan zakat.Penghasilan gaji tergantung pada banyak faktor, antara lain:

i: Sifat umum dari teks-teks Al-Qur’an yang memaksa orang kaya untuk membayar zakat sebagai bukti iman dan ketaatan agama mereka. Arti dari firman Allah (swt):

Hai orang-orang yang beriman, sumbangkan sebagian dari kebaikanmu dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan untukmu dari bumi (di jalan Allah). zakat) (Al-Baqarah)[2]: 267)

ii. Hal ini sesuai dengan konsep keadilan dengan tidak mencantumkan syarat alat angkut dalam pendapatan zakat. Hal ini karena dengan menghilangkan kondisi hambatan, sistem zakat memungkinkan orang kaya untuk menghindari membayar zakat.

Hal ini terjadi ketika seseorang yang menghabiskan terlalu banyak dapat menggunakan alasan tidak memiliki cukup uang dalam setahun untuk membayar zakat. Sedangkan orang yang menyimpan uangnya selama setahun akan dibayar zakatnya. Sistem zakat sendiri tidak mencerminkan keadilan.

Demikian pula, tidak perlu bepergian untuk menghormati kepentingan Muslim karena setiap orang kaya membawa kebutuhan ekonomi masyarakat.

Tata Cara Perhitungan Pendapatan Zakat

Bagaimana cara menghitung Zakat Penghasilan?



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?