Ternyata Manfaat Dongeng Bisa Membuat Anak Tumbuh Cerdas dan Jenius Dalam Belajar, Ini Dia 12 Manfaatnya

Mendongeng dapat meningkatkan perhatian orang tua terhadap anak, berikut 12 manfaat mendongeng untuk perkembangan anak.

Dongeng anak yang dibacakan oleh orang tua kini mulai ditinggalkan, alasannya karena kesibukan. Padahal, mendongeng merupakan kegiatan positif yang dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

Manfaat Dongeng
Manfaat Dongeng

Padahal, mendongeng adalah kegiatan positif yang mempererat hubungan ibu dan anak. Anak ingin orang tuanya meluangkan waktu untuk membacakan cerita pengantar tidur anak, terutama ibu.

Berikut 12 manfaat mendongeng untuk tumbuh kembang anak yang harus diketahui orang tua:

1. Melalui dongeng anak, ini cara untuk mengembangkan kecerdasan anak

Perlu kita ketahui bahwa dunia anak adalah dunia ide. Oleh karena itu, anak-anak memiliki dunianya sendiri dan sering berbicara dengan teman imajinernya.

Dengan kecerdasan ini yang masih sangat baik, maka kita sebagai orang tua harus bisa membimbing dan mengontrol ke arah yang positif. Dengan cerita anak-anak, maka, ini adalah cara terbaik untuk mengarahkan mereka ke arah yang benar.

Dunia anak-anak adalah dunia imajinasi, dengan dongeng anak-anak maka ini adalah cara terbaik untuk membimbing mereka.

2. Merangsang minat anak membaca cerita

Jika Anda ingin memiliki anak dengan minat membaca yang baik, maka mendongeng adalah cara untuk mencapainya. Dengan memberikan cerita kepada anak, anak akan tertarik dan rasa ingin tahu ini akan membuat mereka penasaran.

Hal ini meningkatkan minat membaca, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membacakan buku cerita yang menyenangkan untuk anak-anak.

3. Cerita anak dapat memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuan bahasanya

Dongeng merupakan rangsangan awal yang dapat merangsang kemampuan berbahasa pada anak. Perlu kita ketahui bahwa cerita anak dapat merangsang anak khususnya perempuan untuk mengembangkan kemampuan bahasanya.

Ini karena anak perempuan lebih konsentrasi dan fokus daripada anak laki-laki. Keterampilan verbal adalah keterampilan pertama yang dimiliki anak-anak dan inilah mengapa otak kanan mereka lebih berkembang dan ini membuat mereka lebih mahir dalam bahasa.

Cerita yang mengandung kisah cerita positif tentang perilaku dan sejenisnya membuat anak lebih mudah menerima tutur kata yang santun.

4. Membangun kecerdasan emosional anak dengan memberikan contoh tokoh dalam cerita yang kita kisahkan

Mendongeng kepada anak-anak dapat merangsang kecerdasan emosional mereka dan merupakan alat yang hebat untuk memperkuat ikatan antara ibu dan anak.

Seperti yang kita ketahui, anak-anak merasa sulit untuk mempelajari nilai-nilai moral dalam kehidupan. Dalam cerita anak, kita dapat memberikan contoh melalui tokoh-tokoh dalam cerita yang kita dongengkan.

Dongeng anak membantu anak untuk mengambil nilai emosional dari orang lain. Selain kecerdasan kognitif, kecerdasan emosional juga penting. Kecerdasan emosional sangat penting untuk kehidupan sosial mereka di masa depan.

5. Menciptakan empati anak

Melalui stimulasi dongeng anak, kepekaan anak usia 3-7 tahun dirangsang oleh situasi sosial di lingkungannya. Dengan metode cerita anak ini, mereka belajar memahami lingkungan di sekitar mereka. Insentif yang lebih berhasil adalah merangsang kemampuan untuk mendengarkan.

Stimulasi ini penting untuk kita berikan guna mempersiapkan mereka dengan baik untuk kehidupan masa depan mereka. Melalui pendidikan mendongeng, anak-anak dengan mudah mengadopsi nilai-nilai positif yang membuat mereka menjadi anak yang berempati.

6. Meningkatkan pemahaman dan meningkatkan nilai moral

Melalui mendongeng Anda dapat memperkenalkan anak-anak dengan hal-hal di sekitar mereka. Selain itu, mendongeng membantu mengajarkan pesan moral dengan cara yang menyenangkan, tidak memaksa atau menakutkan.

Beberapa cerita dapat membantu anak-anak menemukan pesan moral di dalam diri mereka jika pesan moral mereka tidak dinyatakan dengan jelas. Anda juga bisa menyisipkan beberapa pesan moral yang relevan dengan jalan cerita.

7. Melatih memori

Setelah membacakan cerita, Anda dapat bertanya kepada anak Anda tentang cerita tersebut atau membiarkannya bercerita, ini digunakan untuk melatih memori.

8. Perkuat hubungan Anda dengan anak Anda

Cobalah untuk dekat dengan anak Anda saat Anda bercerita, seperti pelukan atau tepukan di kepala. Kontak fisik yang terjadi membuat anak merasa nyaman dan akrab dengan Anda.

Saat membacakan sebuah cerita, terjadi interaksi, transfer nilai, pemahaman dan kesepakatan bersama yang membuat anak merasa emosional dengan Anda.

10. Membantu mengembangkan pendengaran anak-anak

Jika anak ingin memahami isi buku, anak harus mendengarkan ceritanya. Oleh karena itu, anak mempersiapkan pikirannya untuk menyerap kata-kata yang diucapkan orang tua dan menciptakan kata-kata sendiri untuk memahaminya.

Jadi anak mendengarkan dengan seksama dan mencoba untuk menguasai keterampilan ini. Selain itu, metode ini membantu meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak.

11. Membantu anak-anak untuk memiliki tidur yang sehat

Ketika anak-anak terbiasa mendengarkan cerita sebelum tidur, ritual nyaman ini akan menjadi peringatan bagi anak, setelah waktu tidur berlalu.

Kondisi ini membantu anak untuk memiliki waktu tidur dan bangun yang sama setiap hari, sehingga dianjurkan untuk melakukan prosedur ini pada waktu yang sama sejak anak masih kecil.

12. Bantu anak yang menangis untuk tenang

Membaca dongeng sebelum tidur adalah pereda stres yang efektif. Orang tua biasanya membacakan cerita dalam suasana santai dan nyaman, membuat drama dengan kata-kata yang berbeda membuat anak tertarik untuk mendengarkan cerita. Seiring waktu, tingkat stres akan berkurang karena anak-anak merasa nyaman.

 

🥳 ROADSHOW DONGENG ISLAMI 1001 KISAH NABI DAN SAHABAT, HADIR KEMBALI 🥳

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Lembaga Infaq Nasional Rumah Infaq

✨ ROADSHOW DONGENG ISLAMI 1001 KISAH NABI DAN SAHABAT JILID 2 ✨

Halooo, Sahabat Rumi! 👋🏻

Anak-anak tentu sangat senang ketika dibacakan sebuah cerita. Ada banyak macam cerita yang disukai oleh anak-anak salah satunya adalah kisah Islami tentang perjuangan para Nabi dan Sahabat.

Selain bercerita tentang fakta yang ada dalam Al-Qur’an, tentu saja banyak hikmah yang bisa diteladani oleh sang anak dalam kehidupan sehari-hari.

Namun terkadang, kreatifitas juga diperlukan ketika menyampaikan cerita agar mereka tidak merasa jenuh dengan metode penyampaian cerita yang monoton dan membosankan.

Yuk, Sahabat Rumi! Daftarkan sekolahmu untuk
Roadshow Dongeng Islami 1001 Kisah Nabi dan Sahabat Jilid 2
“Menebar Kisah Islami melalui Cerita” 🎗

Yang tentunya akan dihadiri oleh pendongeng yang luar biasa💫

Timeline
📍Sekolah-sekolah di Area JABODETABEK.
📆 29 Agustus – 3 September 2022

🗣Pendongeng:
Kak Dimas & Beni
(Pendongeng Nasional)

💸 HTM
✨ GRATIS ✨
(Siapkan Infaq Terbaik)

KUOTA TERBATAS!!

🔍 Benefits:
🔖 Menghibur dan mengedukasi para siswa dengan kegiatan yang bermanfaat
🔖 Meningkatkan semangat belajar siswa dengan metode belajar yang kreatif
🔖 Mengedukasi siswa dengan teori-teori keislaman

Yuk, Sahabat Rumi.. yang mau sekolahnya didatangi oleh Kak Dimas & Beni bisa langsung hubungi:

Contact Person:
0811-1961-234

Jangan sampai kelewatan, pastikan sekolahmu sudah terdaftar ya, Sahabat Rumi! Tunggu Kak Dimas & Beni datang ke sekolahmu! 💫

Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh 👋🏻



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?